Beranda » Blog » Mengenal Jenis Kopi dan Karakternya Kopi Arabica Robusta Excelsa Liberica Malang

Mengenal Jenis Kopi dan Karakternya Kopi Arabica Robusta Excelsa Liberica Malang

Diposting pada 25 Mei 2022 oleh my5ucc355 / Dilihat: 283 kali / Kategori:

Mengenal Jenis Kopi dan Karakternya

jenis kopi arabika robusta leberika ekselsa malang

Jika Anda adalah penggemar kopi, Anda tahu bahwa setiap jenis biji kopi memiliki rasa dan kekuatan yang berbeda. Ada empat jenis utama biji kopi pada intinya — beberapa memiliki perbedaan mencolok antara sangrai ringan dan sangrai gelap dan semuanya bervariasi dalam profil rasa!

Jika Anda baru mengenal dunia kopi, mengetahui perbedaan antara keempat jenis biji kopi itu bisa sangat membingungkan. Untuk kalian semua yang berkafein, ada banyak hal yang tidak saya ketahui tentang kopi ketika saya memulai perjalanan kafein saya juga.

Jadi, untuk membantu Anda mengetahui biji kopi mana yang paling cocok untuk Anda, izinkan saya membagikan apa yang telah saya pelajari tentang setiap jenis biji kopi.

Panduan Lengkap Untuk 4 Jenis Biji Kopi
Tingkat sangrai bukan satu-satunya hal yang mempengaruhi rasa kopi. Bahkan asal, kondisi tumbuh, dan tentu saja, spesies (yang akan saya bahas nanti) mempengaruhi biji kopi Anda.

Namun sebelum hal lain, mari kita bahas empat jenis kopi terlebih dahulu.

1. Arabika

Arabika adalah yang paling populer di antara 4 jenis biji kopi.
Menurut Statistica.com , produksi global kopi Arabika dari tahun 2020 hingga 2021 berjumlah sekitar 102,1 juta karung 60kg. Ini berarti 60{6ae992a8386322611a3cec09f6a77b7f3a6d8eee30fba3450bf016df9c95315c} dari produksi kopi di seluruh dunia terdiri dari Arabika.

Tanaman kopi arabika tumbuh di dataran tinggi, membutuhkan banyak naungan, dan membutuhkan curah hujan yang stabil. Mereka mudah dirawat tetapi juga halus.

Perubahan lingkungan dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman kopi arabika.

Kacang jenis ini memiliki rasa yang lebih kompleks dan lebih manis dibandingkan dengan Robusta. Ini memiliki rasa yang halus dan beberapa catatan gula dan coklat.

Biji arabika juga memiliki sedikit buah dan buah.

2. Robusta

Dari 4 jenis biji kopi, Robusta adalah yang paling keras dan paling pahit.
Biji Robusta merupakan kopi kedua yang paling banyak diproduksi di dunia. Tanaman kopi ini tumbuh subur dengan baik di iklim panas, bahkan dengan sedikit hujan. Anda bahkan dapat menanamnya di ketinggian yang berbeda.

Biji Robusta lebih keras dan lebih pahit daripada Arabika dalam hal rasa. Ini mengandung dua kali jumlah kafein Arabika, menjadikannya penambah energi yang baik di pagi hari. Jumlah kafein dalam Robusta juga membuatnya kuat.

Mirip dengan biji Arabika, Robusta memiliki tekstur yang halus. Ini memiliki sedikit sedikit cokelat, tetapi kepahitan membuatnya sempurna untuk membuat ramuan espresso, susu, dan gula.

Meskipun rasanya pahit, kopi Robusta memiliki tingkat keasaman yang lebih rendah daripada Arabika.

3. Liberika

Biji kopi liberica memiliki bentuk yang tidak beraturan.
Tambahan lain dari 4 jenis biji kopi tersebut adalah Liberica. Jenis biji kopi ini memiliki ukuran yang lebih besar dari yang lain, serta bentuknya yang tidak beraturan.

Ada persediaan kacang Liberica yang terbatas mulai hari ini. Pasalnya, sempat terjadi pertikaian antara Amerika Serikat dan Filipina pada tahun 90-an. Hal tersebut mendorong AS untuk berhenti memasok Liberica ke Filipina untuk sementara waktu.

Liberica muncul kembali pada tahun 1995 ketika para konservasionis membawa dan menanam sisa tanaman terakhir ke Filipina. Sayangnya, keterbatasan stok jenis kopi ini masih bisa dirasakan hingga saat ini.

Selain itu, biji kopi Liberica murni memiliki aroma yang unik, buah, dan bunga. Rasanya juga smoky, yang jauh dari rasa jenis biji kopi lainnya.

4. Excelsa

Biji Excelsa memiliki tampilan yang mirip dengan kopi Robusta.
Yang terakhir dalam daftar empat jenis biji kopi adalah Excelsa. Itu milik keluarga Liberica, meskipun memiliki rasa yang berbeda.

Anda akan banyak menemukan tanaman kopi Excelsa di Asia Tenggara. Karena merupakan jenis biji kopi yang relatif baru, hanya 7{6ae992a8386322611a3cec09f6a77b7f3a6d8eee30fba3450bf016df9c95315c} dari peredaran kopi dunia terdiri dari Excelsa.

Biji kopi Excelsa terlihat mirip dengan kopi Robusta, namun bukan berarti rasanya sama.

Jika Anda menyukai kopi campuran, Anda mungkin menemukan rasa kopi ini menarik karena dapat meningkatkan rasa dan kompleksitas campuran kopi. Menurut orang yang pernah mencobanya, Excelsa memiliki rasa asam dan buah, yang rasanya mirip dengan kacang panggang ringan.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rasa Biji Kopi
Peminum kopi yang rajin mungkin merasakan profil rasa yang berbeda dalam satu cangkir kopi. Beberapa kopi pahit, sementara yang lain bisa manis dan cokelat.

Tapi tahukah Anda bahwa selain sangrai dan persiapan, ada faktor lain yang dapat memengaruhi rasa biji kopi saat berada di pabrik?

Beranjak dari keempat jenis biji kopi tersebut, izinkan saya membagikan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi rasa dan kualitas kopi.

Kondisi Tumbuh
Rasa biji kopi berbeda-beda tergantung dari mana asalnya. Alasannya? Tempat yang berbeda berarti ketinggian yang berbeda, tanah, jumlah curah hujan, dan angin.

Misalnya, biji kopi yang ditanam di dataran tinggi menghasilkan lebih sedikit kafein dibandingkan biji kopi yang berasal dari dataran rendah. Di sisi lain, kopi dari tempat yang lebih dingin menjadi matang secara progresif, yang menghasilkan profil rasa yang manis dan kompleks serta keasaman yang tinggi .

Tingkat Roasting
Anda dapat memanggang 4 jenis biji kopi secara berbeda, dengan setiap tingkat sangrai mengubah rasa biji kopi.

Ada tiga tingkat roasting: light, medium, dan dark roast. Semakin lama biji kopi disangrai, semakin banyak rasa dan aromanya. Sementara itu, biji kopi yang dipanggang ringan terasa lembut.

ukuran gilingan
Ukuran gilingan kopi Anda juga dapat memengaruhi rasanya. Ukuran gilingan yang tepat untuk kopi tergantung pada alat seduh yang akan Anda gunakan. Penyeduhan akhir akan terasa terlalu pahit jika Anda menggunakan kopi yang digiling halus pada peralatan pembuatan bir untuk menggiling kasar.

Selain itu, ampas kasar hanya akan membiarkan air mengalir di antara keduanya, sehingga minuman yang dihasilkan terasa ringan.

Di sisi lain, bubuk halus memungkinkan lebih banyak rasa meresap ke dalam air. Jadi, selain keempat jenis biji kopi tersebut, ukuran grind juga akan mempengaruhi rasanya.

Kesegaran Biji Kopi
Biji kopi kehilangan kesegarannya setelah Anda memanggangnya. Jika Anda menyimpan biji kopi dalam toples sederhana, kopi Anda akan kehilangan aromanya.

Tetapi jika Anda memasukkan biji kopi ke dalam wadah kedap udara, Anda akan dapat mempertahankan rasa dan kesegarannya hingga lima minggu. Anda juga dapat mempertahankan kesegaran biji kopi dengan menggilingnya sesaat sebelum diseduh.

Pertanyaan Yang Sering Diajukan Tentang 4 Jenis Biji Kopi
Mana yang lebih baik antara Robusta dan Liberica?
Biji kopi Robusta dan Liberica memiliki profil rasa yang berbeda, sehingga Anda tidak dapat membandingkannya.

Tetapi jika Anda adalah penggemar es dan kopi susu, biji Robusta sangat ideal untuk digunakan. Hal ini karena biji Robusta memiliki rasa yang pahit, sehingga gula dan susu tidak akan mengalahkannya.

Apa itu kopi kelas 1?
Biji kopi kelas 1 atau khusus memiliki nol hingga tiga cacat penuh untuk setiap 300 gram kopi. Nilai biji kopi ini juga diurutkan dengan ukuran layar maksimum dan minimum 5{6ae992a8386322611a3cec09f6a77b7f3a6d8eee30fba3450bf016df9c95315c}.

Biji kopi dalam spesifikasi grade 1 memiliki rasa, tubuh, keasaman, atau aroma yang berbeda.

Brewing / Menyeduh
Keempat jenis biji kopi tersebut tentunya memiliki rasa dan aroma tersendiri. Untuk alasan ini, kopi terbaik untuk Anda akan selalu tergantung pada preferensi dan selera Anda.

Namun terlepas dari jenis kopi apa yang Anda pilih, Anda perlu memastikan bahwa Anda menggunakan teknik penyimpanan dan penyeduhan yang tepat untuk mempertahankan kehebatannya.

#ilmukopi #jeniskopi

Tags: , , , ,

Bagikan ke

Mengenal Jenis Kopi dan Karakternya Kopi Arabica Robusta Excelsa Liberica Malang

Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama memberikan komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Mengenal Jenis Kopi dan Karakternya Kopi Arabica Robusta Excelsa Liberica Malang

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Ari
● online
Ari
● online
Halo, perkenalkan saya Ari
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja